Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Alamat : Utikini Baru, Kec. Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua 99910
Email : dpmptsp@mimikakab.go.id
Nomor Telpon : 09013262043
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Lopianus Fuakubun, S.E., M.Si
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Bertha Beanal, S.H., M.H
Visi dan Misi

VISI :

MEWUJUDKAN MIMIKA CERDAS MENUJU MASYARAKAT AMAN,

DAMAI DAN SEJAHTERA

 

MISI:

* MEWUJUDKAN PEMERINTAH BERSIH, BERWIBAWA, AKUNTABEL, PROFESIONAL

  DAN INOVATIF

* MEMBANGUN SENTRA-SENTRA EKONOMI BARU DI WILAYAH MIMIKA

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang Penanaman Modal yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten.


SEKRETARIAT (3 Sub Bagian)

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 

a. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; 

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;

c.Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Menyiapkan konsep naskah Dinas di bidang administrasi umum dan kepegawaian sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku; 

e. Menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, organisasi dan tatalaksana, pengurusan rumah tangga, perlengkapan/perbekalan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;

f. Merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku sebagai dasar pengadaan barang; 

g. Melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal; 

h. Membuat laporan rutin Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian; 

i. Memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai, dan urusan kepegawaian lainnya;

j. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis; 

l. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; 

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Sub Bagian Keuangan 

aMenyusun program kegiatan Sub Bagian Keuangan;

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan; 

e. Melaksanakan pembinaan penatausahaan keuangan;

f. Penatausahakan pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

g. Meneliti dan melakukan verifikasi tagihan pembayaran, antar alain: 1. Kelengkapan SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang disampaikan oleh PPTK dan telah disetujui PA/KPA;2. Kelengkapan SPP-UP/GU/TUP, SPP-UP/GU/TUP-Nihil dan SPP-LS Gaji dan tunjangan Kinerja serta  penghasilan lainnya yang telah ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran.

h. Menyiapkan dan menerbitkan serta mengajukan SPM dengan kelengkapannya kepada BUD melalui bendahara pengeluaran;

i. Membuat register SPP, SPM dan SPJ;

j. Membuat laporan pengesahan SPJ, pengesahan pengawasan definitif anggran/kegiatan, register kontrak/Surat Perintah Kerja, dan daftar realisasi pembayaran kontrak;

k. Pengarsipan seluruh dokumen pembayaran untuk kepentingan pengawasan dan pengendalian;

l. Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan;

m. Mengoreksi surat pertanggungjawaban Bendahara Kegiatan; 

n. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran; 

o. Melaksanakan pengendalian dan verifikasi serta  pelaporan bidang keuangan di lingkungan Dinas; 

p. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

q. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis; 

r. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Keuangan;

s. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

t. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Sub Bagian Program 

a. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Program; 

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan  yang berlaku dan kebijakan atasan; 

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Menyiapkan konsep naskah dinas di bidang perencanaan, monitoring, dan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan yang ditetapkan atasan; 

e. Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)/Dokumen Pelaksanaan Anggaran  (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran  (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 

f. Menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Seksi dan Sub Bagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 

g. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan operasional agar diketahui tingkat realisasinya; 

h. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Dinas dan menyiapkan bahan penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ) sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan;

i. Menghimpun dan mengoreksi seluruh laporan kegiatan yang masuk dari masing-masing Bidang, Seksi dan Sub Bagian sebagai bahan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan Dinas; 

j. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis;

l. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Program;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PROMOSI PENANAMAN MODAL

a. Penyusunan rencana dan program kerja; 

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis Promosi Penanaman Modal;

c.Penyusunan regulasi tentang pengelolaaninformasi, pengaduan dan pengawasan;

d.Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Promosi Penanaman Modal;

e.Penyusunan dan pengembangan kebijakan / strategi promosi penanaman modal lingkup daerah;

f.Pelaksanaan dan pembinaan Promosi Penanaman Modal;

g.Perencanaan kegiatan promosi penanaman modal di dalam dan luar negeri;

h.Penyusunan bahan, sarana dan prasarana promosi Penanaman Modal;

i.Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Promosi Penanaman Modal;

j.Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

k. Pelaporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PENANAMAN MODAL

a. Penyusunan rencana dan program kerja; 

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis penanaman modal;

c. Penyusunan regulasi tentang penanaman modal;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Penanaman Modal;

e. Pelaksanaan dan pembinaan penanaman modal;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penanaman modal;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PERIZINAN DAN NONPERIZINAN

a. Menyusun rencana dan program kerja;

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis pelayanan perizinan;

c. Penyusunan regulasi tentang pelayanan perizinan;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang pelayanan perizinan;

e. Pelaksanaan dan pembinaan pelayanan perizinan;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan perizinan;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PENGENDALIAN PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL DAN PENGOLAHAN DATA INFORMASI

a. Penyusunan rencana dan program kerja;

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

c. Penyusunan regulasi tentang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

e. Pelaksanaan dan Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
1 SOP PELAYANAN PERIZINAN Data Berkala Download Alur Standar Operasional Prosedur Secara Umum
2 Standar Pelayanan Data Berkala Download Persyaratan Pengurusan Izin Trayek
3 Standar Pelayanan Data Berkala Download Persyaratan IMB
4 Standar Pelayanan Data Berkala Download Persyaratan Izin Penangkapan Ikan
5 Standar Pelayanan Data Berkala Download Persyaratan Izin Tenaga Kerja Asing (WNA)
6 Standar Pelayanan Data Berkala Download Persyaratan Izin Lingkungan
Kegiatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu