Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Alamat : Jl. Cendrawasih, SP 3.
Email : dkps@mimikakab.go.id
Nomor Telpon :
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Plt.SLAMET SUTEJO, S. STP, M. Si
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
LUCAS TAHITU,S.Sos
Visi dan Misi

 

      Visi : 

Terwujudnya Pelayanan Prima Serta Tertib Administrasi Kependudukan Tahun 2024.

Misi :

                  Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan.

               Meningkatkan kompetensi aparatur dalam mewujudkan tertib administrasi.

             Mewujudkan pendokumentasian dokumen kependudukan secara tertib dan terpadu.

     Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan.

 

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS, POKOK DAN FUNGSI(TUPOKSI)

1. Bidang Pelayanan Pendaftaran

 

  • Tugas
  1. Unsur pembantu pimpinan yang berada dibawah dan bertanggung jawab Kepada Dinas.
  2. Merumuskan kebijakan, menyusun rencana dan program kerja,mengkoordinasikan,membina dan mengendailkan, serta memantau dan mengevaluasi kegiatan pelayanan pendaftaran penduduk.

 

  • Fungsi
  1. Penyusunan rencana dan program kerja.
  2. Penyiapan dan perumusan dan bahan petunjuk teknis pelayanan pendaftaran penduduk.
  3. Penyusunan regulasi pelayanan pendaftaran penduduk.
  4. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang pelayanan pendaftaran penduduk.
  5. Pelaksanaan dan pembinaan pelayanan pendaftaran penduduk.
  6. Pengawasan,pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk.
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  8. Pelaporan pelaksanaan tugas.

2. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

  • Tugas
  1. Unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah dan bertanggung jawab  kepada Kepala dinas.
  2. Merumuskan kebijakan menyusun rencana dan program kerja,mengkoordinasikan,membina dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan pelayanan pencatatan sipil.
  • Fungsi
  1. Menyusun rencana dan program kerja.
  2. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknik pelayanan pencatatan sipil.
  3. Menyusun regulasi pelayanan pencatatn sipil.
  4. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang pelayanan pencatatan sipil.
  5. Pelaksanaan dan pembinaan pelayanan pencatatan sipil.
  6. Pengawasan,pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil.
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan  tugas dan fungsi
  8. Pelaporan pelaksanaan tugas.                       

3. Bidang  Pengelolaan Informasi

  • Tugas

Melaksanakan sebagian tugas bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan dalam sistem informasi administrasi kependudukan.

  • Fungsi
  1. Menyusun program kegiatan seksi sistem informasi administrasi kependudukan.
  2. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan.
  3. Membina dan mengkoordinasikan system informasi system administrasi informasi kependudukan.
  4. Melaksanakan pengelolaan informasi administrasi kependudukan meliputi sistem informasi administrasi kependuukan.
  5. Melaksanakan pengawasan,pemantauan dan evaluasi pengelolaan system informasi administrasi kependudukan.
  6. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanan tugas.
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan
  8. Membuat laporan pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

4. Bidang Pemanfaatan Data Dan Inovasi

 

  • Tugas

Merumuskan kebijakan, menyusun rencana dan program kerja, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.

  • Fungsi
  1. Penyusunan rencana dan program kerja.
  2. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
  3. pelaksanaan dan pembinaan pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
  4. Penyusunan regulasi pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
  5. Pengawasan, pemantauan,dan evaluasi pelaksanaan pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.
  7. Pelaporan pelaksanaan tugas.

 

 

 

 

Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
1 Formulir Pelaporan Kematian Data Setiap Saat Download Persyaratannya Terlampir
2 Formulir Pelaporan Kelahiran Data Setiap Saat Download Persyaratannya Terlampir
Kegiatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
...

Lala pu kaka (Lahir Langsung punya Akta, KK & KIA)

 

...

Kartu Identitas Anak (KIA)

  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika dalam menyambut HUT RI Ke-74 telah resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak atau disingkat KIA di gedung Graha Eme Neme Yaware, dengan 31.000 keping blangko yang siap dipakai.   &n