...
Adakan Diklat Dasar, Dinas Satpol PP Mimika Tingkatkan SDM Makin Profesional, Terlatih dan Disiplin

 


MIMIKA - Kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos, M.M., didampingi Kepala Dinas Satpol PP, Rony Maryen, S.STP., M.Si., pada Selasa, 22 November 2022 di Timika. 

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut beberapa pimpinan/perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Badan SAR Mimika, Forkopimda dan peserta pelatihan. 

Plt Bupati Mimika dalam sambutannya menyampaikan bahwa Satpol PP harus mengetahui dan menghafal Panca Wirasatya. 

“Panca wirasatya ini harus kita dalami, kita pahami serta harus kita aplikasikan dalam hidup dan jiwa kita. Untuk itu kita laksanakan pelatihan ini, dengan harapan ada peningkatan kualitas,“ tegasnya.

Lebih lanjut Plt Bupati berharap kepada Kepala Dinas Satpol PP untuk terus berusaha meningkatkan anggota Satpol PP, agar apabila ada persoalan di lapangan, maka penanganannya bisa dilaksanakan dengan baik.

Mengakhiri sambutanya, Plt Bupati Mimika menyampaikan apresiasi dan percaya bahwa yang terpilih untuk mengikuti diklat dasar ini dapat menggunakan kesempatan dan peluang dengan baik.

"Diklat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Harapannya semua dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan target kita," inbuhnya.

Sementara itu, Septinus Marandof, S.Sos, M.Si., selaku ketua panitia kegiatan, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan

"Tujuan diklat ini agar dapat meningkatkan kapasitas SDM anggota Satpol PP dengan pengenalan tugas pokok dan fungsinya dalam penegakan peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada), guna membentuk Polisi Pamong Praja yang profesional, terlatih, dan disiplin dalam mengemban tugas," jelasnya

Disampaikannya pula bahwa kegiatan diklat akan berlangsung di Timika selama 12 hari efektif, mulai tanggal 22 November hingga 2 Desember 2022 nanti. 

"Kegiatan diklat ini bersumber dari DPA perubahan atas kebijakan dan perhatian dari Plt Bupati Mimika kepada anggota Satpol PP, dengan peserta sebanyak 50 orang anggota Satpol PP yang semuanya telah mengikuti tes kesehatan," pungkasnya.

Pemateri berasal dari widyaiswara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Mimika, Kejaksaan Negeri Timika, Kabag Hukum Setda Mimika, Satpol PP Kabupaten Mimika, Polres Mimika, Kodim 1710 Mimika, Basarnas Mimika, Danyon B Brimob Mimika, serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Timika.

Tim Peliputan Diskominfo