...
Wapres RI Kunjungi Timika Minggu Depan

 

MIMIKA - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin, akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Rabu, 30 November 2022.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Wapres ke-13 RI ini diagendakan akan melakukan pertemuan dengan 8 Bupati se-Provinsi Papua Tengah di Kota Timika.

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M., seperti dikutip dari Timika eXpress, Selasa, 22 November 2022, mengatakan, sesuai rencana Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin tiba di Timika pada 30 November 2022.

“Jadi sekarang kita lagi siapkan kunjungan Wapres ke Timika," ungkapnya

Plt Bupati Mimika menambahkan, "Agenda utamanya itu, pertemuan dengan kepala-kepala daerah. Ada pertemuan antara gubernur dan 8 bupati di Papua Tengah yang dipusatkan di Timika. Hari ini kami baru mau rapat agenda pastinya dan persiapan lainnya."

Dikutip dari laman wapresri.go.id, melalui Perpres 121/2022 tertanggal 21 Oktober 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin, menjadi Ketua Badan Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (disebut Badan Pengarah Papua/BPP). Wapres  telah bertemu Penjabat Gubernur di 3 Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, yakni Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Tengah; Prof Dr Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Selatan, dan Nicolaus Kondomo, Pj Gubernur Papua Pegunungan, di Istana Wakil Presiden, Jl Merdeka Selatan, pada 14 November 2022.

Wapres RI juga sudah melaporkan kepada Presiden RI mengenai rencana kunjungan Wapres ke Papua dalam rangka meninjau Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Pembentukan DOB di Papua ini dilakukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan, peningkatan pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat serta mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua (OAP).

“Jadi wapres sebagai penanggungjawab urusan Papua melapor kepada Presiden Jokowi, apa saja yang akan dilakukan oleh Wapres ketika akan berkunjung ke Papua, termasuk juga akan membawa sejumlah Menteri,” ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Dilansir dari berbagai sumber, termasuk Antara, Infopublik, dan CNN Indonesia, Masduki menjelaskan kunjungan kerja Ma'ruf itu dalam rangka memastikan agar tiga provinsi baru beserta perangkat pemerintahannya dapat bekerja dengan efektif.

Ma'ruf, lanjut dia, juga akan memastikan para penjabat gubernur di tiga provinsi tersebut bisa menjalin komunikasi dengan baik bersama bupati dan tokoh masyarakat setempat.

"Komunikasi intensif harus berjalan antara gubernur, bupati, tokoh masyarakat dan tokoh agama di sana. Itu harus dipastikan wapres untuk membangun kesejahteraan Papua," katanya. 

Diketahui kedatangan Wapres RI ke Timika, Kabupaten Mimika, dalam rangkaian kunjungan kerja ke beberapa provinsi di Indonesia bagian timur, diantaranya Provinsi Maluku (Ambon), Papua (Jayapura), Papua Tengah (Timika), Papua Selatan (Merauke), Papua Barat (Kaimana) dan Sulawesi Selatan, selain untuk memantau kondisi awal tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua yakni Papua Selatan, Tengah dan Papua Pegunungan.

Wakil Presiden RI dan rombongan akan menggunakan dua armada pesawat yakni jenis Bae RI 85 dan CN 295.

Wapres RI akan berkunjung di Merauke tanggal 29 November 2022, kemudian tanggal 30 November menuju Timika, untuk selanjutnya tiba di Kaimana pada hari yang sama.

Di Timika, Wapres RI direncanakan akan meresmikan Somatua Training Center (STC), seperti disampaikan Direktur Yayasan Somatua, Maximus Tipagau. Selain peresmian STC di Jalan Cenderawasih SP 2 dan peletakan batu pertama pembangunan pusat pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Timika, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Pemda Provinsi Papua Tengah yang akan dihadiri oleh Pj Gubernur Papua Tengah dan pejabat Bupati se-Provinsi Papua Tengah.