Plt Bupati Mimika Launching Pos Adminduk di Kelurahan Sempan dan Kwamki

...

MIMIKA - Dalam rangka mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Mimika melaunching Pos Adminduk di Kelurahan Sempan dan Kwamki, pada Rabu, 11 Januari 2023.

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, S. Sos., M.M., melakukan launching, didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Slamet Sutejo, S.STP., M.Si.; Kepala Distrik Mimika Baru, Dedy Damhudi Paokuma, S.E., M.Si., Asisten, pimpinan OPD dan kepala kelurahan.

Kepala Distrik Mimika Baru dalam laporannya menjelaskan bahwa penggunaan anggaran operasional tahun 2022 - 2023 pada 11 kelurahan di Kabupaten Mimika yakni 2,2 miliar per tahun, dimana setiap kelurahan mendapat 200 juta per tahun. Juga anggaran kebersihan sebesar 2.035.000.000 per tahun, yang mana setiap kelurahan mendapatkan 185.000.000 per tahun, dan langsung dikelola oleh kelurahan. 

"Selain uang tunai, pada tahun 2022 telah diserahkan motor 3 roda sebanyak 11 unit, 1 laptop dan printer untuk 11 kelurahan,  alat adminduk untuk Distrik Mimika Baru dan 2 untuk Kelurahan Sempan dan Kwamki, sehingga total alat adminduk pada Distrik Mimika Baru berjumlah 4 unit, yakni 1 pada kantor distrik dan 3 kantor kelurahan yaitu Kelurahan Dingo Narama, Kelurahan Sempan dan Kelurahan Kwamki. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan di distrik maupun kelurahan wilayah Mimika Baru," ungkap Dedi.

Lanjutnya, untuk tahun 2023, anggaran operasional dan anggaran kebersihan juga masih sama, namun ada tambahan anggaran untuk Musrenbang, karena selama ini kelurahan - kelurahan tidak pernah melakukan musrenbang. Sehingga di tahun ini, Distrik Mimika Baru perdana akan melakukan musrenbang kelurahan. 

Sementara, Kepala Disdukcapil dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan loket adminduk ke-11, dimana loket ini bukan hanya untuk warga Kelurahan Sempan saja, namun masyarakat yang ada di wilayah Inauga bisa langsung ke Kelurahan Sempan untuk mendapatkan layanan adminduk.

Dikatakannya, masyarakat dapat memilih lokasi pelayanan adminduk yang terdekat, dan yang terpenting ini adalah komitmen dari Plt Bupati dan amanah dari Undang.undang.

Slamet memastikan, "Seluruh pelayanan adminduk gratis dan tidak boleh dipungut biaya apapun, baik itu di Pusat Pemerintahan, di Distrik atau kelurahan. Tidak perlu pakai calo, sebab semua sudah dekat."

Diharapkan kepala distrik dan kepala kelurahan dapat bersama-sama menjaga komitmen ini, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel seperti visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika

Pada kesempatan tersebut,
selain launching Pos Adminduk, juga dilangsungkan pemusnahan KTP yang invalid, juga penyerahan Dana Operasional serta dana kebersihan dan dana musrenbang pada 11 Kelurahan.

Hal ini merupakan komitmen dari pemerintah daerah untuk benar-benar menjaga agar tahapan pemilu bisa berjalan secara demokratis, jujur, dan transparan, agar terhindar dari hal hal yang berpotensi terjadi kecurangan.

Plt Bupati Mimika dalam arahannya meminta agar memasuki tahun baru,  harus dengan semangat baru, inovasi yang baru, pemikiran yang baru, dan harus dengan optimisme yang luar biasa.

"Kita harus buat Mimika ini betul-betul terlayani dengan baik Apresiasi yang tinggi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terus melakukan inovasi dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Plt Bupati Mimika menegaskan bahwa tugas pemerintah untuk melayani masyarakat, sehingga harus membuat pelayanan menjadi lebih efisien dan efektif.

"Saya berharap agar kedepan, tidak boleh lagi ada tugas-tugas yang terlalu banyak sentralisasi. Semua pelayanan harus betul betul tersedia di distrik, bahkan kelurahan," tandasnya.


Tim Peliputan Diskominfo Mimika