...
BP Tapera Tawarkan 3 Program Tingkatan Kesejahteraan PNS di Lingkup Pemkab Mimika

MIMIKA – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mimika menyelenggarakan sosialisasi tentang Program TASPEN, BPJS Kesehatan dan TAPERA bagi ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 ASN yang diwakili oleh Kasubag Kepegawaian dan Bendahara Pengeluaran dari masing-masing OPD.

Mewakili Bupati Mimika, Dr. Eltinus Omaleng, SE.,MH, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Mimika, Hendritte W. Tandiyono, SE.,MM membuka secara resmi sosialisasi ini yang dilaksanakan di Gedung Eme Neme Yauware, Selasa, 21 Juni 2022.

Salah satu lembaga yang menyosialisasikan programnya adalah Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Kepala Divisi Kepesertaan BP Tapera, Wahyudi menerangkan BP Tapera hadir untuk melengkapi jaminan sosial bagi ASN khususnya yang ingin memiliki rumah maupun hendak merenovasi rumah tinggal.

“Ada tiga proram BP Tapera untuk ASN, yaitu Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Bangun Rumah dan Kredit Renovasi Rumah. Tiga produk ini bisa dimanfaatkan oleh ASN di Pemkab Mimika,” ungkap Wahyudi, di sela-sela kegiatan, Selasa 21 Juni 2022.

Lanjut Wahyudi, BP Tapera adalah keberlanjutan dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUM - PNS) yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil untuk memiliki rumah yang layak.

Dengan dinamika pelayanan pemerintah yang semakin komplek, Wahyudi menambahkan, saat ini BP Tapera tidak hanya melayani ASN saja tetapi juga, TNI/Polri, pegawai BUMN, termasuk pekerja mandiri untuk mendapatkan hunian atau rumah yang layak.

“BP Tapera telah melakukan Kerjasama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) seperti Bank BTN dan Bank BRI sebagai lembaga keuangan untuk ikut mendukung produk-produk atau program kami yang diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia,” jelasnya.

 

 

Tim Liputan Kominfo