Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Alamat : Utikini Baru, Kec. Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua 99910
Email : dpmptsp@mimikakab.go.id
Nomor Telpon :
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Lopianus Fuakubun, S.E., M.Si
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Bertha Beanal, S.H., M.H
Visi dan Misi

VISI :

MEWUJUDKAN MIMIKA CERDAS MENUJU MASYARAKAT AMAN,

DAMAI DAN SEJAHTERA

 

MISI:

* MEWUJUDKAN PEMERINTAH BERSIH, BERWIBAWA, AKUNTABEL, PROFESIONAL

  DAN INOVATIF

* MEMBANGUN SENTRA-SENTRA EKONOMI BARU DI WILAYAH MIMIKA

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang Penanaman Modal yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten.


SEKRETARIAT (3 Sub Bagian)

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 

a. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; 

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;

c.Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Menyiapkan konsep naskah Dinas di bidang administrasi umum dan kepegawaian sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku; 

e. Menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, organisasi dan tatalaksana, pengurusan rumah tangga, perlengkapan/perbekalan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;

f. Merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku sebagai dasar pengadaan barang; 

g. Melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal; 

h. Membuat laporan rutin Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian; 

i. Memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai, dan urusan kepegawaian lainnya;

j. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis; 

l. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; 

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Sub Bagian Keuangan 

aMenyusun program kegiatan Sub Bagian Keuangan;

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan; 

e. Melaksanakan pembinaan penatausahaan keuangan;

f. Penatausahakan pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

g. Meneliti dan melakukan verifikasi tagihan pembayaran, antar alain: 1. Kelengkapan SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang disampaikan oleh PPTK dan telah disetujui PA/KPA;2. Kelengkapan SPP-UP/GU/TUP, SPP-UP/GU/TUP-Nihil dan SPP-LS Gaji dan tunjangan Kinerja serta  penghasilan lainnya yang telah ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran.

h. Menyiapkan dan menerbitkan serta mengajukan SPM dengan kelengkapannya kepada BUD melalui bendahara pengeluaran;

i. Membuat register SPP, SPM dan SPJ;

j. Membuat laporan pengesahan SPJ, pengesahan pengawasan definitif anggran/kegiatan, register kontrak/Surat Perintah Kerja, dan daftar realisasi pembayaran kontrak;

k. Pengarsipan seluruh dokumen pembayaran untuk kepentingan pengawasan dan pengendalian;

l. Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan;

m. Mengoreksi surat pertanggungjawaban Bendahara Kegiatan; 

n. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran; 

o. Melaksanakan pengendalian dan verifikasi serta  pelaporan bidang keuangan di lingkungan Dinas; 

p. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

q. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis; 

r. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Keuangan;

s. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

t. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Sub Bagian Program 

a. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Program; 

b. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan  yang berlaku dan kebijakan atasan; 

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Menyiapkan konsep naskah dinas di bidang perencanaan, monitoring, dan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan yang ditetapkan atasan; 

e. Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)/Dokumen Pelaksanaan Anggaran  (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran  (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 

f. Menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Seksi dan Sub Bagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 

g. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan operasional agar diketahui tingkat realisasinya; 

h. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Dinas dan menyiapkan bahan penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ) sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan;

i. Menghimpun dan mengoreksi seluruh laporan kegiatan yang masuk dari masing-masing Bidang, Seksi dan Sub Bagian sebagai bahan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan Dinas; 

j. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala; 

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis;

l. Mengawasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Program;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PROMOSI PENANAMAN MODAL (3 Seksi)

a. Penyusunan rencana dan program kerja; 

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis Promosi Penanaman Modal;

c.Penyusunan regulasi tentang pengelolaaninformasi, pengaduan dan pengawasan;

d.Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Promosi Penanaman Modal;

e.Penyusunan dan pengembangan kebijakan / strategi promosi penanaman modal lingkup daerah;

f.Pelaksanaan dan pembinaan Promosi Penanaman Modal;

g.Perencanaan kegiatan promosi penanaman modal di dalam dan luar negeri;

h.Penyusunan bahan, sarana dan prasarana promosi Penanaman Modal;

i.Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Promosi Penanaman Modal;

j.Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

k. Pelaporan pelaksanaan tugas.


Seksi Promosi Sektoral 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Promosi Sektoral;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Promosi Sektoral;

c.Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d.Melaksanakan promosi berdasarkan sektor usaha dan wilayah;

e.Melaksanakan penyiapan bahan / sarana dan prasarana

f.Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

g.Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pengelolaan Promosi Sektoral;

h.Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

i.Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pelaksana Promosi dan Pameran 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pelaksana Promosi dan Pameran;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Pelaksana Promosi dan Pameran;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Menyusun jadwal kegiatan promosi penanaman modal daerah;

e. Melakukan pelayanan informasi dan kebijakan promosi penanaman modal yang prospektif;

f. Melakukan promosi secara bersama dan terpadu lintas instansi dan dunia usaha;

g. Melakukan pameran, temu usaha, kontak bisnis dan seminar penanaman modal daerah;

h. Melaksanakan kegiatan promosi penanaman modal di dalam dan luar negeri melalui pameran dalam rangka mendorong peningkatan investasi di daerah;

i. Menyiapkan paket promosi melalui media elektronika, yaitu pemanfaatan teknologi informasi (website, video dalam bentuk CD, VCD, dan DVD);

j. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

k. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi Pelaksanaan Promosi dan Pameran;

l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

m. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Sarana dan Prasarana Promosi 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Sarana dan Prasarana Promosi;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Sarana dan Prasarana Promosi;

c.Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d.Menyusun dan menyempurnakan sarana dan prasarana promosi;

e.Melakukan penyiapan materi sarana dan prasarana promosi;

f.Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan promosi;

g.Penyusunan bahan sarana dan prasarana promosi penanaman modal;

h.Melaksanakan publikasi dan distribusi bahan-bahan promosi penanaman modal;

i.Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

j.Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi Sarana dan Prasarana Promosi;

k.Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

l.Membuat laporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PENANAMAN MODAL (3 Seksi)

a. Penyusunan rencana dan program kerja; 

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis penanaman modal;

c. Penyusunan regulasi tentang penanaman modal;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Penanaman Modal;

e. Pelaksanaan dan pembinaan penanaman modal;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penanaman modal;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


Seksi Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis perencanaan dan pengembangan iklim penanaman modal;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Melakukan penelitan dan penilaian terhadap rencana investasi sebagai bahan pertimbangan pemberian rekomendasi bagi Pengusaha Penanaman Modal Asing (PMA)/ Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN); 

e. Melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan rencana kerja penanaman modal sesuai dengan izin yang diberikan;

f. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data perkembangan penanaman modal;

g. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

h. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi penanaman modal;

i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

j. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Deregulasi Penanaman Modal 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Deregulasi Penanaman Modal;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Deregulasi Penanaman Modal;

c.Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Melakukan pemeriksaan, mengevaluasi, memverifikasi konsep rancangan surat keputusan, peraturan perundang-undangan yang terkait tugas dan fungsi kedinasan;

e. Melaksanakan pengumpulan data, analisis dan penyusunan deregulasi/kebijakan   penanaman   modal   lingkup   daerah   berdasarkan wilayah dan bidang usaha;

f. Melaksanakan penyusunan bahan pengkajian perumusan rancangan produk hukum daerah di bidang penanaman modal;

g. Melaksanakan penyusunan bahan pengkajian usulan pemberian insentif penanaman modal di luar fasilitas fiskal dan non fiskal nasional yang menjadi kewenangan Kabupaten;

h. Melaksanakan pengumpulan data, analisis dan penyusunan deregulasi/kebijakan   penanaman   modal   lingkup   daerah   berdasarkan wilayah dan bidang usaha;

i. Merencanakan penyusunan, mengidentifikasi dan mengevaluasi data dan bahan pelaporan yang meliputi; pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan Inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

j. Menganalisis dan mengukur data dan bahan layanan pelaporan terhadap pengendalian, mutu layanan, mengolah data serta pembangunan sarana dan prasarana layanan, menciptakan inovasi pengembangan pola  perizinan dan non perizinan yang cepat, mudah, murah, terjangkau, transparan serta terciptanya pelayanan perizinan dan non perizinan yang efesien dan efektif;

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

l. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasideregulasi penanaman modal;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pegembangan Potensi Daerah 

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pengembangan Potensi Daerah;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis pengembangan potensi daerah;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 

d. Melaksanakan pengumpulan data, analisis dan penyusunan rencana umum, rencana strategis dan rencana pengembangan penanaman modal lingkup daerah berdasarkan wilayah dan bidang usaha;

e. Melaksanakan inventarisasi peluang investasi dan rencana pengembangan invenstasi daerah;

f. Melaksanakan penelitian, mengkaji potensi daerah di bidang penanaman modal;

g. Melakukan inventarisasi dan identifikasi calon mitra usaha serta menyusun direktori usaha kecil, menengah dan koperasi untuk bermitra dengan pengusaha besar;

h. Memberdayakan badan usaha melalui pembinaan dan kemitraan penanaman modal;

i. Melakukan bimbingan teknis, workshop, sosialisasi dan penyuluhan yang berkaitan dengan pemberdayaan usaha daerah;

j. Melakukan penyebarluasan informasi dalam penyelenggaraan penanaman modal;

k. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

l. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasipengembangan potensi daerah;

m. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

n. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PERIZINAN DAN NONPERIZINAN (3 Seksi)

a. Menyusun rencana dan program kerja;

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis pelayanan perizinan;

c. Penyusunan regulasi tentang pelayanan perizinan;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang pelayanan perizinan;

e. Pelaksanaan dan pembinaan pelayanan perizinan;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan perizinan;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan

a. Menyusun program kegiatan Seksi Perizinandan Non Perizinan;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis perizinandan Non Perizinan;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Melaksanakan pemberian informasi perizinan dan proses perizinan dan non perizinan;

e. Melaksanakanpelayanan penerimaan, pemeriksaan persyaratan administrasi perizinan, pendaftaran dan entry data permohonan;

f. Melaksanakan proses pengolahan administrasi berkas permohonan perizinan menjadi rancangan Keputusan Izin;

g. Melaksanakan penyiapan bahan pendaftaran permohonan perizinan dan non perizinan;

h. Melaksanakan pelayanan perizinan dengan mengedepankan prinsipcostumer  service excellent;

i. Menerima berkas permohonan izin dan non perizinan;

j. Melaksanakan administrasi pendaftaran permohonan perizinan, pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

k. Melaksanakan penyerahan berkas permohonan perizinan dan non perizinan untuk di proses lebih lanjut;

l. Melaksanakan penyusunan draft penolakan dan pembatalan izin;

m. Menyiapkan bahan pemecahan masalah yang berkaitan dengan administrasi pelaanan perizinan;

n. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

o. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

q. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Verifikasi dan Survey

a. Menyusun program kegiatan Seksi Verifikasi dan Survey;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis verifikasi dan survey;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Melaksanakan penyiapan bahan verifikasi dan survey permohonan perizinan dan non perizinan;

e. Menyelenggarakan verifikasi dan validasi berkas permohonan perizinan dalam pengolahan administrasi perizinan dan non perizinan;

f. Mengoordinasikan Tim Teknis Perizinan dalam rangka melaksanakan survey permohonan perizinan dan non perizinan;

g. Melaksanakan survey dan pemeriksaan lapangan ke lokasi permohonanperizinan dan non perizinan;

h. Melaksanakan pencatatan dan penyusunan berita acara hasil pemeriksaan lapangan pelayanan perizinan dan non perizinan;

i. Melaksanakan penyerahan berkas permohonan perizinan yang telah di verifikasi untuk di proses lebih lanjut;

j. Menyiapkan bahan pemecahan masalah yang berkaitan dengan verifikasi dan survey pelayanan perizinan dan non perizinan;

k. Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait;

l. Melakukan koordinasi penanganan permasalahan yang timbul di lapangan dengan instansi terkait dan pemohon;

m. Menyiapkan naskah berita acara penelitian lapangan dan hasil koordinasi tim teknis;

n. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

o. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelayanan Verifikasi dan Survey;

p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

q. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pelayanan dan Pengaduan Informasi

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pelayanan dan Pengaduan Informasi;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Pelayanan dan Pengaduan Informasi;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Mengelola dokumen manual dan elektronik perizinan,

e. Mengelola dan memelihara Sistem Informasi Manajemen Perizinan;

f. Menyiapkan bahan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perizinan;

g. Melaksanakan pengumpulan informasi, pegaduan dan hasil pengawasan yang berkaitan dengan pengaduan perizinan;

h. Melakukan pelayanan pengaduan dan keluhan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Dinas;

i. Menyiapkan bahan pelaksanaan tindak lanjut pengaduan perizinan;

j. Menyiapkan naskah berita acara hasil penyelesaian pengaduan perizinan;

k. Menyusun laporan pengaduan perizinan;

l. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

m. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi Pelayanan dan Pengaduan Informasi;

n. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

o. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


BIDANG PENGENDALIAN PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL DAN PENGOLAHAN DATA INFORMASI (3 Seksi)

a. Penyusunan rencana dan program kerja;

b. Penyiapan dan perumusan bahan petunjuk teknis Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

c. Penyusunan regulasi tentang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

d. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

e. Pelaksanaan dan Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

f. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Pengolahan Data Informasi;

g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi; dan

h. Pelaporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pengendalian Penanaman Modal

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pengendalian Penanaman Modal;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis penyelenggaraan Pengendalian Penanaman Modal;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Melaksanakan pembinaan, pemantauan dan pengawasan penanaman modal;

e. Menyusun bahan, potensi dan realisasi pemantauan penanaman modal;

f. Melakukan identifikasi dan menyusun klasifikasi penanaman modal;

g. Melakukan inventarisasi dan evaluasi data penanaman modal;

h. Melakukan penilaian terhadap perusahaan Penanaman Modal dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing yang berprestasi dan bekerja baik;

i. Melakukan koordinasi terkait dengan pengawasan ketenagakerjaan;

j. Memproses realisasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal perusahaan Penanaman Modal dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing;

k. Melakukan pengawasan dan tindaklanjut terhadap penanaman modal yang mempunyai indikasi penyimpangan;

l. Melakukan inventarisasi data Corporate Social Responsibility Perusahaan;

m. Melakukan pengawasan penggunaan fasilitas penanaman modal;

n. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

o. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi Pengendalian Penanaman Modal;

p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

q. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pengawasan Penanaman Modal dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pengawasan Penanaman Modal dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Pengawasan Penanaman Modal dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Melaksanakan pengawasan terhadap izin yang sudah diterbitkan;

e. Menyiapkan naskah berita acara hasil pengawasan;

f. Menyusun laporan hasil pengawasan;

g. Menyiapkan usulan pencabutan izin;

h. Menyiapkan rancangan keputusan pencabutan izin;

i. Melaksanakan pembinaan, pemantauan dan pengawasan penanaman modal;

j. Melaksanakan pembinaan, pemantauan dan pengawasan penanaman modal;

k. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan koordinasi pelaksanaan penanaman modal dan pelayanan perizinan;

l. Melaksanakan pemantauan realisasi penanaman modal berdasarkan sektor usaha dan wilayah;

m. Melaksanakan Pengawasan kepatuhan perusahaan penanaman modal sesuai ketentuan kegiatan usaha  dan  peraturan  perundang- undangan;

n. Melaksanakan pengkajian dan penilaian atas laporan kegiatan penanaman modal dan pelayanan perizinan secara berkala;

o. Melaksanakan pemantauan  dan  pengawasan  pelaksanaan penanaman modal, berkoordinasi dengan Pemerintah dan Pemerintah Provinsi;

p. Melaksanakan penyuluhan, bimbingan teknis, supervisi, dan konsultasi kerjasama dan pembinaan penanaman modal;

q. Melaksanakan penyusunan bahan pengkajian perumusan pedoman pembinaan penanaman modal;

r. Melaksanakan pembinaan kerjasama penanaman modal kepada pelaku usaha;

s. Melaksanakan evaluasi kemitraan usaha dan kerjasama penanaman modal antar lembaga pemerintahan dan non pemerintahan;

t.  Melakukan pengawasan penggunaan fasilitas penanaman modal;

u. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

v. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan Pengendalian Penanaman Modal;

w. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

x. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Seksi Pengolahan Data Informasi

a. Menyusun program kegiatan Seksi Pengolahan Data Informasi;

b. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Pengolahan Data Informasi;

c. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;

d. Mengelola dokumen manual dan elektronik perizinan,

e. Mengelola dan memelihara Sistem Informasi Manajemen Perizinan;

f. Menyiapkan bahan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perizinan;

g. Melaksanakan pengumpulan informasi, pegaduan dan hasil pengawasan yang berkaitan dengan pengaduan perizinan;

h. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data persetujuan dan  realisasi penanaman modal dan perizinan lainnya;

i. Melaksanakan penyiapan dan penyajian data dan dokumentasi;

j. Melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan arsip dokumen perizinan dan surat yang berkaitan dengan tugas seksi data dan dokumentasi;

k. Melaksanakan penyiapan bahan rencana kebutuhan dan  pengadaan sistem informasi penanaman modal dan pelayanan perizinan;

l. Melaksanakan pengkajian dan penyusunan pedoman tata cara pembangunan dan pengembangan sistem informasi penanaman  modal dan pelayanan perizinan;

m. Melaksanakan pembangunan dan pengembangan sistem informasi penanaman modal yang terintegrasi dengan sistem informasi penanaman modal pemerintah pusat dan pemerintah provinsi;

n. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;

o. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pengelolaan informasi dan pengaduan;

p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan

q. Membuat laporan pelaksanaan tugas.


Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
Kegiatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu