Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
Alamat : Jalan Sosial, Kelurahan Kebun Sirih, Distrik Mimka Baru, Kabupaten Mimika, Kode Pos 99910
Email : dpkh@mimikakab.go.id
Nomor Telpon : 082167398849
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Ir. Yosefin Sampelino
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Drh. Sabelina Fitriani, M.Si
Visi dan Misi

Visi Pembangunan Daerah

Visi pembangunan daerah dalam RPJMD adalah visi Kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang disampaikan pada waktu pemilihan kepala daerah (pilkada). Visi Kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai (desired future) dalam masa jabatan selama 5 (lima) tahun sesuai misi yang diemban.

Visi pembangunan daerah Kabupaten Mimika untuk periode RPJMD 2014-2019 sesuai dengan visi kepala daerah terpilih adalah sebagai berikut:

 

Terwujudnya rasa aman, damai dan sejahtera berbasis potensi sumber daya strategis”

 

Memperhatikan visi tersebut serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, diharapkan Kabupaten Mimika dapat lebih berperan dalam perubahan yang terjadi di lingkup regional, nasional maupun global.

Perumusan dan penjelasan terhadap visi dimaksud, menghasilkan pokok-pokok visi yang diterjemahkan pengertiannya, sebagaimana tabel di bawah ini.

Perwujudan Visi RPJMD Kabupaten Mimika 2014-2019

 

Visi

Pokok-pokok Visi

Penjelasan Visi

Terwujudnya rasa aman, damai dan sejahtera berbasis potensi sumber daya strategis

Rasa Aman

Memberikan jaminan keamanan terhadap masyarakat dalam melaksanakan aktivitas yang didukung oleh penegakan hukum dan perlindungan atas Hak Asasi Manusia (HAM)

Rasa Damai

Menciptakan hubungan antar suku yang harmonis dalam suasana kekeluargaan dan gotong royong Kesejahteraan berbasis Potensi Strategis Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang bernilai guna bagi masyarakat lokal secara adil, berkesinambungan dan berkelanjutan.

 

Misi Pembangunan Daerah

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mimika tahun 2014 – 2019 berorientasi pada pembangunan dan peningkatan kompetensi segenap sumber daya yang terdapat di Kabupaten Mimika dalam segala bidang, guna menyiapkan kesejahteraan, rasa aman dan rasa damai di wilayah Kabupaten Mimika.

Dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Kabupaten Mimka yang telah ditetapkan diatas, maka ditetapkan Misi pembangunan Kabupaten Mimika 2014-2019 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia;
  2. Meningkatkan modal   sosial dan kapasitas kelembagaan sosial berbasis kebersamaan;
  3. Mendorong penegakan hukum dan HAM untuk menjaga stabilitas keamanan daerah;
  4. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel;
  5. Membangun perekonomian lokal berbasis potensi sumberdaya strategis melalui pengembangan inovasi dan investasi;
  6. Membangun sarana prasarana pelayanan dasar dan infrastruktur;

Enam butir misi diatas didasarkan kepada kebutuhan pembangunan yang telah di temakan dalam bentuk Visi pembangunan daerah. Dalam upaya penyamaan persepsi terhadap misi tersebut serta mengurangi potensi ambiguitas dalam memahami butir misi, maka penjabaran Misi diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Mimika secara keseluruhan jika melihat progresivitasnya cukup baik, namun jika memperhatikan kualitasnya maka masih perlu adanya peningkatan yang meliputi pengembangan dan pembangunan lebih lanjut terhadap SDM di Kabupaten Mimika. Kuaitas SDM menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan, karena ketika pembangunan suatu daerah tidak memperhatikan aspek SDM tentunya akan mempersulit proses pembangunan itu sendiri yang bahkan akan menghambat progresivitas pembangunan daerah secara keseluruhan. Hal ini erat korelasinya dengan konsep pembangunan dewasa ini yang mengusung konsep pembangunan berbasis masyarakat.

 

2. Meningkatkan Modal Sosial dan Kapasitas Kelembagaan Sosial Berbasis Kebersamaan

Meningkatkan modal sosial erat kaitannya dengan upaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hubungan sosial yang baik dalam suatu masyarakat. Kabupaten Mimika dengan tingkat kerawanan benturan antar kelompok sosial atau kerawanan akan konflik horizontal yang relatif besar, memerlukan formulasi khusus dalam mereduksi atau bahkan menghilangkan potensi tersebut. Berkaitan dengan hal formulasi tersebut, maka terjawab oleh amant misi kedua ini yaitu peningkatan modal sosial yang disertai peningkatan kapasitas kelembagaan sosial yang berbasis kebersamaan. Kapasitas kelembagaan yang baik mampu menjamin terselenggaranya upaya peningkatan yang berbasis kebersamaan tersebut. Basis kebersamaan dalam upaya peningkatan ini berarti membangun semangat kekeluargaan dalam pembangunan dan mampu menciptakan suasana aman, damai, sejahtera serta saling menghargai satu sama lain.

 

3. Mendorong Penegakan Hukum dan HAM Untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Daerah

Sifat hukum yang mampu mengatur serta memaksa secara konseptual mampu menjaga stabilitas keamanan daerah. Dalam implementasinya hal ini perlu didukung oleh kontribusi langsung aparat penegak hukum dengan kapasitas yang baik agar penegakan hukum menjadi lebih tegas, efektif dan efisien, termasuk dalam menjamin perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia. Penegakan hukum yang didukung oleh aktor- aktor terkait dengan kapasitas yang baik tentunya akan   mampu menjamin terjaganya stabilitas keamanan daerah

 

4. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bersih dan Akuntabel

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang semakin variatif kebutuhannya maka dibutuhkan kinerja aparatur pemerintah yang profesional termasuk penataan kelembagaannya yang efektif dan efisien.

 

5. Membangun Perekonomian Lokal Berbasis Potensi Sumberdaya Strategis Melalui Pengembangan Inovasi dan Investasi

Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dibumi Mimika baik yang tersimpan didalam maupun dipermukaan bumi serta potensi di lautan Mimika mampu menambah nilai guna ekonomi bagi kehidupan Masyarakat. Nilai guna   tersebut   diperoleh melalui pengembangan inovasi dan teknologi serta membuka peluang investasi bagi pihak swasta baik dalam maupun luar negeri.

 

6. Membangun Sarana Prasarana Pelayanan Dasar dan Infrastruktur

Salah satu variabel yang sangat menentukan tercapainya upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah luasnya jangkauan akses pelayanan dasar yang didukung oleh infrastruktur yang memadai. Ketersediaan infrastruktur pelayanan dasar seperti pelayanan pendidikan dan kesehatan menjadi prasyarat terwujudnya pelayanan dasar yang optimal. Hal ini mencakup puskesmas (pusat kesehatan masyarakat), sekolah dan jalan yang mendukung aksessibilitas.

Tugas Pokok dan Fungsi

Dalam melaksanakan tugas, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan perencanaan Urusan Pemerintahan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Urusan Pemerintahan Bidang Perkebunan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada kabupaten;
  2. perumusan kebijakan teknis Urusan Pemerintahan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Urusan Pemerintahan Bidang Perkebunan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten;
  3. pelaksanaan Urusan Pemerintahan dan pelayanan umum Urusan Pemerintahan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Urusan Pemerintahan Bidang Perkebunan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan Urusan Pemerintahan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Urusan Pemerintahan Bidang Perkebunan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten;
  5. pelaksanaan kegiatan administrasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan;
  6. pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan;
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya; dan
  8. pelaporan hasil kerja.
Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
1 KEGIATAN PEMERIKSAAN PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA PASAR PRODUKSI SASIL PETERNAKAN Data Serta Merta Download KEGIATAN PEMERIKSAAN PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA PASAR PRODUKSI HASIL PETERNAKAN PEMERIKSAAN PEKERJAAN BELANJA PEMELIHARAAN RUMAH POTONG BABI (RPB) - REHABILITASI TEMPAT PEMOTONGAN BABI OLEH PANITIA DAN PEJABAT PEMERIKSA HASIL PEKERJAAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN BERSAMA DINAS PEKERJAAN UMUN KABUPATEN MIMIKA
Kegiatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan