Dinas Ketahanan Pangan
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Ketahanan Pangan
Alamat : Jl.Poros SP 2 - SP 5 Timika Papua
Email : dkp@mimikakab.go.id
Nomor Telpon : 0901 3260470
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Ir. Syahrial, MM
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
I Nyoman Dwitana, S.Sos.M.Si
Visi dan Misi

VISI

" TERCIPTANYA KETAHANAN PANGAN DAN MENUMBUH KEMBANGKAN TANAMAN PANGAN LOKAL YANG BERDAYA SAING "

 

MISI

          Mewujudkan ketahanan pangan masyarakat merupakan amanat Undang - undang No. 18 Tahun 2012 yang harus diupayakansecara optimal terwujud dalam pelaksaaan pembangunan nasional termasuk pembangunan ketahanan pangan di kabupaten Mimika, karena pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Berpijak pada arah pembangunan ketahanan pangan Kabupaten mimika, dan berbagai capaian pembangunan ketahanan pangan yang signifikan, potensi dan isu - isu strategis, serta tantangan pemantapan ketahanan pangan kabupaten Mimika dan visi misi program Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Mimika terpilih yang tertuang dalam RPJMD 2014 - 2019 : " Terwujudnya rasa aman, damai dan sejahtera berbasis potensi sumber daya strategis ", maka diperlukan kesinambungan pembangunan ketahanan pangan yang sekaligus mengakomodasi berbagai perubahaan secara dinamis ( sustain and change ) menuju terwujudnya ketahanan pangan di kabupaten Mimika lebih baik dan lebih sejahtera. 

 

Tugas Pokok dan Fungsi

   TUGAS POKOK dan FUNGSI

      DINAS KETAHANAN PANGAN

TUGAS : 

Membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang Ketahanan Pangan yang menjadi wewenang daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten

 

FUNGSI :

 

1. Perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragamaan konsumsi dan          keamanan pangan.

2. Pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan,kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.

3. Koordinasi penyediaan infrastruktur dan pendukung di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragamaan konsumsi dan keamanan pangan.

4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragamaan konsumsi dan keamanan pangan.

5.Pemantaun, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragamaan konsumsi dan keamanan pangan.

6. Pelaksanaan administrasi Dinas Ketahanan Pangan

7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya;dan

8.Pelaporan Hasil Kerja

 

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Dinas Ketahanan Pangan didukung oleh Sekretariat dan dua bidang yang meliputi :

Sekretariat 

Sub Bagian Umum 

Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi

Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan 

Seksi Ketersediaan Pangan

Seksi Distribusi Pangan

Seksi Kerawanan Pangan

Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan

Seksi Konsumsi Pangan

Seksi Promosi Keanekaragaman Konsumsi Pangan

Seksi Keamanan Pangan

 

 

 

Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
Kegiatan Dinas Ketahanan Pangan