Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan
Nama Dinas/Badan/OPD : Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan
Alamat : Utikini Baru, Kec. Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua 99910
Email : dpkpp@mimikakab.go.id
Nomor Telpon :
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Visi dan Misi

Visi dan Misi
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Visi :

"Terwujudnya Perumahan dan Kawasan Permukiman yang sehat dan aman, dengan prasaran dan sarana infrastrutktur yang berkelanjutan serta tertibnya administrasi pertanahan di Kabupaten Mimika"

 

Misi :

1. Meningkatkan kualitas pengelolaan Perumahan dan Kawasan Permukiman;

2. Menigkatkan kualitas pengelolaan sarana prasarana infrastruktur Perumahan dan Kawasan Permukiman;

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) dan elektifikasi daerah;

4. Menegakkan tertib administrasi dan hukum pertanahan;

5. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan Profesionalisme aparatur;

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

Kepala Dinas 

Mempunyai  tugas  melaksanakan Kewenangan Pemerintah Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

Sekretaris :

Mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program, Kewenangan Umum, Perlengkapan, Kepegawaian, Keuangan dan koordinasi penyusunan rencana kerja. 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

  1. Menyusun program kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian;
  2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/]arahan baik secara lisan maupun tulisan;
  4. Menyiapkan konsep naskah dinas bidang administrasi umum dan kepegawaian sesuai degan peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
  5. Menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, organisasi dan tata laksana, kearsipan serta pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;
  6. Merecanakan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan peraturan Perundang-undangan yang berlaku sebagai dasar pegadaan barang;
  7. Melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal;
  8. Membuat laporan rutin tentang peremajaan pegawai, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptannya tertib administrasi kepegawaian;
  9. Memproses usulan kenaikan pangkat, mutasu, gaji berkala, diklat pegawai dan urusan kepegawaian lainnnya;
  10. Meproses monitoring, evalasi dan menilai prestasi keja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala;
  11. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik secara lisan maupun tertulis;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan;

Sub Bagian Keuangan :

  1. Menyusun program kegiatan sub Bagian Keuangan;
  2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan diatas;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Menyiapkan konsep naskah dinas bidang perencanaan,monitoring danevaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan yang ditetapkan atasan; 
  5.  
  6. Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Dinas dan menyiapkan bahan Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ) sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan;
  8. Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi  keuangan;
  9. Melaksanaan pembinaan penatausahaan keuangan;
  10. Penatausahakan pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
  11. Meneliti dan melakukan verifikasi tagihan pembayaran,antara lain : kelengkapan SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang disampaikan oleh PPTK dan telah disetujui PA/KPA, kelengkapan SPP-UP/GU/TUP-Nihil dan SPP-LS Gaji dan tunjanganKinerja serta peghasilan lainnya yangdiajukan oleh bendahara pengeluaran.
  12. Menyiapkan dan menerbitkan serta mengajukan SPM dengan kelengkapannya kepada BUD melalui bendaharapengeluaran;
  13. Membuat register SPP,SPM dan SPJ;
  14. Membuat laporan pengesahan SPJ, pengesahan pengawasan definitive anggaran/kegiatan, register kontrak/Surat Perintah Kerja dan daftar realisasi pembayaran kontrak.
  15. Mengoreksi surat pertanggungjawaban Bendahara Kegiatan;
  16. Menyampaik  saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baik    secara       lisan maupun tertulis;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan; dan
  18. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Sub Bagian Program :

  1. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Program;
  2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan Peraturan Perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan  ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk arahan baik secara lisan maupun tulisan;
  4. Menyiapkan konsep naskah Dinas bidang perencanaan,monitoring dan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan yang ditetapkan atasan;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)/Dokumen Pelaksanaan Anggaran  (DPA)atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. Menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Seksi-seksi dan Sub Bagian sesuai dengan ketentuanyang berlaku;
  7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan operasional agar diketahui tingkat realisasinya;
  8. Menyiapkan bahan penyusunan laporan Dinas dan menyiapkan bahan penyusunan laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ) sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan;
  9. Menghimpun dan mengoreksi seluruh laporan kegiatan yang masuk dari masing-masing Bidang, Seksi-seksi dan Sub Bagian sebagai bahan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan Dinas;
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja  pelaksanaan tugas bawahan secara berkala;
  11. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris baiksecara lisan maupun tertulis;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya;
  13. Membuat laporan pelaksanaan tugas;

Kabid Perumahan dan Perumukiman :

Mempunyai tugas merumuskan kebijakan, menyusun rencana dan program kerja, engkoordinasikan,membina dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan Perumahan dan Permukiman.

Kasi Perencanaan dan Pembangunan :

  1. Menyusun program kegiatan Seksi Perencanaan dan Pembangunan;
  2. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Perencanaan dan Pembangunan;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis; 
  4. Melaksanakan Perencanaan dan Pembangunan;
  5. Mendata Kawasan Siap Bangun(KASIBA) dan Lingkungan Siap Bangun (LISIBA);
  6. Menyusun dan mengelola data base bidang perumahan meliputi data rumah layak huni, harga rumah layak huni dan besaran penghasilan rumah tangga;
  7. Menyusun skala prioritas dan standar teknik pembangunan perumahan;
  8. Menyusun pola dan konsep pembangunan perumahan yang meliputi aspek sosial,fisik,ekonomi dan budaya;
  9. Menyusun rencana kota dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Daerah (RP4D);
  10. Melaksanakan dan mengoordinasikan pembangunan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pelayanan umum termasuk rehabilitasi bangunan perniagaan atau perbelanjaan, pendidikan, kesehatan, rekreasi, peribadatan dan olahraga serta utilitas lingkungan lainnya;
  11. Melaksanakan dan mengoordinasi pembangunan pemeliharaan bangunan pemerintah rumah dinas dan rehabilitasi bangunan milik badan usaha atau kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten serta menyelenggarakan pengelolaan bangunan pemerintah;
  12. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secaralisan maupun tulisan;
  13. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi Perencanaan dan Pembangunan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya;
  15. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Kasi Pengawasan, Pengendalian dan Sertifikasi Bangunan :

  1. Menyusun program kegiatan Pengawasan Pengendalian dan Sertifikasi Bangunan Gedung;
  2. Menyiapkan bahan perumusanpetunjuk teknis penanaman modal;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan Memberi petunjuk / arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Melaksanakan pengawasan dan penindakan terhadap pelaksanaan Sertifikasi bangunan gedung;
  5. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan sertifikasi Bangunan terhadap pembangunan perumahan yang tidak sesuai dengan tata ruang ;
  6. Melaksanakan pengawasa,pengendalian dan sertifikasi Bangunan Gedung terhadap pembangunan kawasan pemukiman yang tidak sesuai dengan tata ruang;
  7. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan sertifikasi bangunan Gedung pengelolaan rumah susun dan rumah khusus;
  8. Melaksanakan penetapan perumahan dan kawasan permukiman kumuh;
  9. Melaksanakan penataan dan peningkatan kualitas rumah dan kawasan pemukiman kumuh
  10. Melaksanakan pencegahan perumahan dan kawasan permukiman kumuh;
  11. Melaksanakan pengelolaan perumahan dan kawasan permukiman kumuh;
  12. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  13. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi bidang pengawasan dan Pengendalian;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya;
  15. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Kasi Penataan Bangunan dan Pelaporan :

  1. Menyusun program kegiatan Penataan Bangunan dan Pelaporan;
  2. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Penataan Bangunan dan Pelaporan;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Melaksanakan penataan dan peningkatan kualitas Bangunan Gedung;
  5. Melaksanakan pencegahan perumahan dan Kawasan Bangunan Gedung;
  6. Melaksanakan pengelolaan perumahan dan Kawasan Bangunan Gedung;
  7. Menerbitkan Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG);
  8. Memberikan pelaporan mengenai letak dan kondisi bangunan gedung;
  9. Melaksanakan sertifikasi dan registrasi bagi orang atau badan hukum yang melaksanakan perancangan dan perencanaan rumah serta perencanaan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) tingkat kemampuan kecil;
  10. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  11. Melaksanakan pengawasan,pemantauan dan evaluasi Bagunan Gedung;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  13. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Kabid Pertanahan :

Mempunyai tugas merumuskan kebijakan,menyusun rencana dan program kerja, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan Bidang Pertanahan.

Kasi Perencanaan dan Penataan Tanah :

  1. Penyusunan rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan     tugas;
  2. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan,pedoman dan petunjuk teknis di seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  3. Pembinaan,pengendaliaan,pengawasan Program dan kegiatan pejabat non struktural dalam lingkup seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non struktural dalam lingkup seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  5. Menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman,norma,standar,prosedur dan kriteria pada seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  6. Menyusun perumusan dan pelaksanaan program dan anggaran di lingkup Seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  7. Melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  8. Melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi perencanaan dan Pengadaan Tanah untuk kepentinganumum;
  10. Menyusun rencana kebutuhan tanah Pemerintah Daerah untuk kepentingan umum;
  11. Menyusun Perencanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  12. Menyusun kajian atau studi kelayakan rencana pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  13. Menyusun rumusan penunjukan lokasi rencana pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  14. Menyusun site plan atau masterplan pengembangan lokasi rencana pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  15. Menyusun dokumen perencanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  16. Menyusun dokumen penetapan lokasi pengadaan tanah skala keciluntuk kepentingan umum;
  17. Menyusun dokumen pengajuan penetapan lokasi pengadaan tanah non skala kecil untuk kepentingan umum;
  18. Melaksanakan harmonisasi dan sinkronisasi dengan Perangkat Daerah/Instansi teknis lain dalam perencanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  19. Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  20. Menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi pelakasanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum;
  21. Menyelenggarakan pengelolaan naskah Dinas dan arsip di lingkup Seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  22. Menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Perencanaan dan Pengadaan Tanah;
  23. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas  dan fungsinya.

Kasi Penyelesaian Masalah Tanah :

Kasi Pemakaian Tanah :

  1. Menyusun rencana dan program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  3. Merumuskan rencana kegiatan Seksi Pemakaian tanah;
  4. Mengendalikan dan mengkaji setiap informasi dan data untuk kepentingan penyusunan dan perencanaan program kegiatan  Seksi Pemakaian Tanah;
  5. Mempersiapkan petunjuk Teknis pelaksanaan kegiatan Seksi Pemakaian Tanah;
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijaksanaan teknis Seksi Pemakaian Tanah;
  7. Menyiapkan bahan laporan kegiatan Seksi Pemakaian Tanah;
  8. Menyiapkan standarisasi dan pedoman tentang kerjasama antara instansi dan badan usaha lainnya;
  9. Melaksanakan konsultasi dengan unit kerja lainnya;
  10. Menyiapkan bahan evaluasi kebijakan teknis rencana dan program Seksi Pemakaian Tanah;
  11. Melaksanakan evaluasi, pengawasan dan menyusun laporan penyajian data dan informasi terhadap hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pemakaian Tanah;
  12. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  13. Melaksanakan tuga-tugas lain yang diberikan atasan.

Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas Umum :

Mempunyai  tugas merumuskan kebijakan, menyusun rencana dan program kerja, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan Penataan Prasarana, Sarana, utilitas Umum (PSU) dan Pemakaman.

Kasi Prasarana Sarana Utilitas Umum :

  1. Menyusun program kegiatan Perencanaan dan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU);
  2. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Menyediakan PSU Perumahan dan Kawaan Permukiman;
  5. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tulisan;
  6. Melaksanakan pengawasan,pemantauan dan evaluasi perencanaan,pembinaan Perumahan dan Pemukiman kumuh;
  7. Melaksanakan dan mengoordinasikan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana dasar termasuk rehabilitasi jaringan jalan, drainase primer lingkungan, drainase sekunder lingkungan, jembatan lingkungan, air bersih (hidran umum/kran umum) dan mandi cuci kakus (MCK);
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  9. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Kasi Pengembangan Kota dan Pemakaman :

  1. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Seksi;
  2. Perumusan Kebijakan,petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidangnya;
  3. Memimpin, mengatur dan mengendalikan tugas Seksi Pengembangan Kota dan Pemakaman;
  4. Menyiapkan dan menyusun program kerjadan rencana kegiatan sesuai lingkup tugasnya;
  5. Menyiapkan bahan,konsep naskah dinas sesuai arahan dari Kepala Bidang;
  6. Melaksanakan koordinasi teknis dengan pejabat dan atau unit kerja lainnya berkaitan dengan rencana pelaksanaan kegiatan;
  7. Memberikan arahan dan memeriksa hasil kerjabawahan sesuai ketentuan yang berlaku;
  8. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas secara administratif kepada Kepala Dinas setiap akhir tahun anggaran atau pada saat serah terima jabatan;
  9. Memantau dan mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas rutin yang menjadi tanggung jawabnya;
  10. Mengidentifikasi permasalahan berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan serta memberikan alternatif pemecahan masalah;
  11. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang;
  12. Mengevaluasi,melaporkan dan mempertanggungjawabakan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan wewenang bidang tugasnya;

Kabid Pertamanan dan Ketenagalistrikan :

Mempunyai tugas merumuskan  kebijakan, menyusun rencana dan program kerja, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan serta memantau dan mengevaluasi kegiatan Bidang Pertamanan dan Ketenagalistrikan.

Kasi Pertamanan :

  1. Menyusun Program Kegiatan Seksi Pertamanan;
  2. Perumusan pola pengelolaan Pertamanan di Wilayah dalam satu Kabupaten;
  3. Penyusunan rencana pengelolaan Seksi Pertamanan di wilayah dalam satu Kabupaten;
  4. Pengelolaan kawasan pertamanan dalam satu kabupaten;
  5. Pembentukan wadah koordinasi Pertamanan di tingkat Kabupaten;
  6. Pembentukan komisi Pertamanan Kabupaten;
  7. Menjaga efektifitas,efisiensi dan ketertiban pelaksanaan pengelolaan Pertamanan tingkat Kabupaten;
  8. Pemberdayaan kelembagaan Pertamanan tingkat Kabupaten;
  9. Konservasi Pertamanan pada seluruh wilayah dalam satu Kabupaten;
  10. Pembangunan dan Peningkatan sistem Pertamanan pada daerah dalam satu Kabupaten;
  11. Melaksanakan Kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai wewenang bidangtugasnya.

Kasi Ketenagalistrikan :

  1. Penyusunan dan perumusan program kegiatan Seksi Ketenagalistrikan;
  2. Menetapkan rencana kebutuhan penanganan Ketenagalistrikan sebagai bahan rancangan penanganan teknis;
  3. Pelaksanaan pengelolaan, verifikasi teknis perencanaan pembangunan, pemeliharaan dan pengawasan Ketenagalistrikan;
  4. Pelaksanaan pengadaan Suku Cadang,peralatan dan sarana penunjang kegiatan pembangunan serta operasional Ketenalistrikan;
  5. Pelaksanaan pengawasan teknis di bidang Ketenagalistrikan;
  6. Membangun pembangkit listrik dan pengembangan jaringan kelistrikan;
  7. Pengelolaan dan Penginventarisasian peralatan dan bahan di Bidang Ketenagalistrikan; dan
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugas.
Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
Kegiatan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan