Bagian Umum dan Perlengkapan
Nama Dinas/Badan/OPD : Bagian Umum dan Perlengkapan
Alamat : Jl. Poros Kuala Kencana SP III, Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika-Papua
Email : umum@mimikakab.go.id
Nomor Telpon :
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
PETRONELLA A. UAMANG, S.I.P
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Visi dan Misi

VISI DAN MISI

VISI :

"TERCIPTANYA PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN YANG CEPAT DAN TEPAT SERTA MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA APARATUR "

MISI :

1. MEWUJUDKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN YANG EFEKTIF, EFISIEN, CEPAT DAN TEPAT.

2. MEWUJUDKAN PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA APARATUR YANG EFEKTIF.

Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Bagian Umum mempunyai rugas melaksanakan tugas pokok administrasi tata usaha surat menyurat, arsip, dan rumah tangga pimpinan dan sekretariat daerah kabupaten, pengelolaan, pencatatan asset sekretariat daerah serta memfasilitasi pejabat pimpinan dan lainnya yang melaksanakan tugas kedinasan diluar daerah.
  2. Bagian Umum dan Perlengkapan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan rencana dan program kerja;
  2. Penyiapan dan perumusan bagan petunjuk teknis penyelenggaraan tugas lingkup bagian;
  3. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan dalanm lingkup bagian;
  4. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan urusan umum dengan perangkat derah, lembaga pemerintah dan lembaga lainnya;
  5. Pelaksanaan dan pembinaan penyelenggaraan urusan umum;
  6. Pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan urusan umum;
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsi;
  8. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

       3.  Bagian Umum dan Perlengkapan membawahi:

  1. Sub Bagian Tata Usaha Umum dan Staf Ahli;
  2. Sub Bagian Rumah Tangga dan Urusan Dalam; dan
  3. Sub Bagian Perlengkapan

       4. Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada  Bagian Umum dan Perlengkapan.

       A. Sub Bagian Tata Usaha Umum dan Staf Ahli mempunyai tugas pokok melaksanakan administrasi ketatausahaan surat-menyurat dan tata kelola kearsipan serta perjalanan dinas pimpinan di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten.

  • Sub Bagian Tata Usaha Umum dan Staf Ahli mempunyai tugas:
  1. Menyususn program kegiatan Sub Bagian Tata Usaha;
  2. Menyiapkan bagan perumusan petunjuk teknis pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha Umum dan Staf Ahli;
  3. Menyiapkan bagan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Anggaran sesuai dengan rencana kerja program dan kegiatan di Lingkungan Sekretariat Daerah;
  4. Mentiapkan dan melaksanakn administrasi dan ketatausahaan surat-menyurat di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten;
  5. Melaksanakan ekspedisi dan penataan kearsipan di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten;
  6. Menerima, mencatat surat masuk dan surat keluar Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  7. Melaksanakan dan mengendalikan administrasi perjalanan dinas pimpinan di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  8. Mengkoordinasikan pengumpulan, penyusunan, dan pengkajian Rencana Kerja Anggaran (RKA) di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  9. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan penerimaan dan pengeluaran anggaran di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  10. Melaksanakan pengelolaan administrasi perbendaharaan dan belanja pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  11. Mengkoordinasikan pelaksanaan system akuntansi di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  12. Mengendalikan kegiatan akuntansi dan konsolidasi laporan keuangan di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  13. Melaksanakan dan mengendalikan staf tata usaha pimpinan untuk kelancaran pelaksaan tugas kedinasan pimpinan (Bupati/Wakil Bupati/Sekretaris Daerah/Staf Ahli dan Asisten) di Lingkungan Sekterariat Daerah Kabupaten;
  14. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan member petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  15. Melaksanakan kegiatan tata usaha pimpinan, tata usaha umum dan staf ahli;
  16. Mengumpulkan dan mengolah data dan/atau bagan guna pengembangan dan pembinaan kegiatan ketatausahaan;
  17. Memfasilitasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan pengembangan dan pembinaan kegiatan ketatausahaan pada perangkat daerah dan lembaga lainnya;
  18. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  19. Melasanakn pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha Umum dan Staf Ahli;
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  21. Membuat laporan pelaksaan tugas.

      B. Sub Bagian Rumah Tangga dan Urusan Dalam mempunyai tugas yaitu :

  1. Menyusun program kegiatan Sub Bagian Rumah Tanggan Pimpinan dan Pemeliharaan;
  2. Menyiapkan bagan perumusan petunjuk teknis pelaksanaan tugas Sub Bagian Rumah Tanggan Pimpinan dan Pemeliharaan;
  3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan member petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Melaksanakan urusan rumah tangga pimpinan meliputi prasarana dan sarana, akomodasi dan ruangan, rumah jabatan, pelayanan angkutan dan pemeliharaan kendaraan dinas pimpinan serta pemeliharaan kebersihan rumah jabatan;
  5. Melaksanakan pelayanan kebutuhan pimpinan di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten;
  6. Melaksanakan pengaturan dan pemeliharaan sarana prasarana di Lingkungan sekretariat daerah kabupaten dan rumah jabatan;
  7. Melakukan urusan rumah tangga yang meliputi pemeliharaan kebersihan kantor dan gedung-gedung milik sekretariat daerah kabupaten dan pekarangan serta rumah jabatan Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;
  8. Menyiapkan dan mengatur rempat pentimpanan dan perawatan kendaraan dinas di Lingkungan Sekretariat daerah Kabupaten;
  9. Melaksanakan dan mengadakan keperluan dan kebutuhan rumah tangga dan rumah dinas jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah serta sekretaris daerah;
  10. Menyusun dan mengusulkan rencana kebutuhan barang/perlengkapan kepala daerah dan wakil kepala daerah serta sekretaris daerah;
  11. Melaksanakan administrasi dan inventarisasi peralatan/perlengkapan rumah tangga kepala daerah dan wakil kepala daerah serta sekretaris daerah;
  12. Menyelenggarakan pengaturan pemakaian , perawatan dan pembersihan ruang rapat kantor, upacara dan pertemuan-pertemuan lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah;
  13. Mengatur dan memelihara kebersihan kantor, ruang kerja dan daerah serta sekretaris daerah;
  14. Menyiapkan kebutuhan tamu-tamu pemerintah daerah serta kebutuhan kunjungan kepala daerah dan wakil kepala daerah serta unsure pimpinan di lingkungan sekretariat daerah;
  15. Melaksanakan pemeliharaan dan pengaturan kendaraan serta peralatan pada kekretariat daerah dan rumah dinas pimipinan;
  16. Mendukung ketertiban dan kelancaran acara-acara kedinasan di lingkup pemerintah kabupaten mimika;
  17. Menyiapkan dan menyusun laporan serta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan subbagian rumah tangga;
  18. Mempersiapkan administrasi perjalanan dinas Bupati, wakil bupati, sekretaris daerah/staf ahli bupati/asisten dan kepala bagian;
  19. Melaksanakan penyediaan prasarana dan sarana serta pemeliharaan gedung kantor dan kebersihan lingkungan kantor sekretariat daerah;
  20. Mentiapkan sarana dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  21. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas sub bagian rumah tangga pimpinan dan pemeliharaan;
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  23. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

     C. Sub bagian perlengkapan mempunyai tugas pokok menyiapkan dan pengelolaan barang daerah yang meliputi perenvanaan kebutuhan serta penganggarannya, pengadaan, penyimpanan, penyaluran/pendistribusian, dan pemanfaatan di lingkungan pemerintah daerah kabupaten;

  • Sub Bagian Perlengkapan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  1. Menyusun program kegiatan sub bagian perlengkapan;
  2. Menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis pelaksanaan tugas sub bagian perlengkapan;
  3. Membagi tugas kepada bawaan sesuai dengan bidang tugasnya dan member petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Menyusun laporan terhadap pelaksanaan pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah daerah kabupaten;
  5. Melaksanakan administrasi/pencatatan barang sementara terhadap barang milik pemerintah daerah kabupaten;
  6. Melaksanakan proses pemanfaatan dan penyaluran/pendistribusian serta pengendalian barang milik daerah pada pemerintah daerah kabupaten;
  7. Menyiapkan daftar kebutuhan barang milik daerah (DKBMD) di lingkungan pemerintah daerah daerah kabupaten;
  8. Mengendalikan dan melaksanakan pembinaan perencanaan kebutuhan barang di lingkungan pemerintah daerah kabupaten;
  9. Mengelola dan memelihara barang milik daerah yang ada pada gudang penyimpanan barang milik pemerintah daerah kabupaten;
  10. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  11. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas sub bagian perlengkapan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  13. Membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
Kegiatan Bagian Umum dan Perlengkapan