Bagian Perekonomian
Nama Dinas/Badan/OPD : Bagian Perekonomian
Alamat : Jl. Yos Sudarso, Utikini Baru, Kec. Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua 99910
Email : perekonomian@mimikakab.go.id
Nomor Telpon : 08525
Website :
Kepala Dinas/Badan/OPD
Yustinus Lewi Panimpa, S.E.,MM
Sekretaris Dinas/Badan/OPD
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi

BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN

 

  1. Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan serta pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan bidang pembangunan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. perencanaan dan penyusunan program dan kegiatan di bidang perekonomian, meliputi potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan daerah;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan di bidang potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan daerah;
  3. penyusunan petunjuk teknis di bidang potensi dan produksi daerah pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan;
  4. pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas di bidang potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan;
  5. pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi kebijakan umum di bidang potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan;
  6. pelaksanaan pengembangan di bidang potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan;
  7. pelaksanaan montoring dan evaluasi serta pelaporan terhadap penyelenggaraan tugas di bidang potensi dan produksi daerah, pembinaan badan usaha serta kerjasama ekonomi dan pembangunan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan; dan
  9. membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

  1. Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan membawahi:
  1. Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah;
  2. Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi; dan
  3. Sub Bagian Pembangunan

Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bagian Administrasi Pembangunan

  1. Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah mempunyai tugas pokok melaksanakan dan mengoordinasikan pembinaan, pengawasan dan evaluasi di bidang potensi perekonomian dan produksi daerah.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah;
  2. menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis pelaksanaan tugas Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah;
  3. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis yang berhubungan dengan pengembangan potensi dan produksi daerah;
  4. merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang potensi dan produksi daerah;
  5. mengumpulkan dan mengelolah data dalam rangka penyusunan bahan kebijakan pengembangan potensi dan produksi daerah;
  6. melaksanakan monitoring dan pemantauan di bidang potensi dan produksi daerah;
  7. melaksanakan pemantauan dan pengendalian distribusi kebutuhan bahan pokok;
  8. membuat telaah, evaluasi dan saran tindak di bidang potensi dan produksi daerah;
  9. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  10. menyiapkan data, bahan dan/atau dokumen perencanaan pembangunan prasarana dan sarana yang dihimpun dari masyarakat guna pengambilan kebijakan oleh pimpinan;
  11. menyiapkan data, bahan dan/atau dokumen perencanaan pembangunan prasarana dan sarana yang dihimpun dari masyarakat dan telah dibijaki oleh pimpinan selanjut dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  13. melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah;
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  15. membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

  1. Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi mempunyai tugas pokok mengumpulkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk pembinaan pelaksanaan pengembangan kawasan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi;
  2. menyiapkan bahan perumusan petunjuk teknis pelaksanaan tugas Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  4. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan dan pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lembaga keuangan (perbankan dan non perbankan) serta badan usaha lainnya serta bidang kerjasama ekonomi;
  5. merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang pembinaan badan usaha;
  6. mengumpulkan dan mengelola data dalam rangka penyusunan bahan kebijakan pengembangan dan pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lembaga keuangan (perbankan dan non perbankan) dan badan usaha lainnya serta bidang kerjasama ekonomi;
  7. melaksanakan monitoring dan pemantauan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lembaga keuangan (perbankan dan non perbankan) dan badan usaha lainnya serta bidang kerjasama ekonomi;
  8. melaksanakan analisis penempatan modal daerah yang ada di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD);
  9. melaksanakan pemantauan dan pengendalian modal daerah yang ada di BUMD;
  10. membuat telaah, evaluasi dan saran tindak di bidang perdagangan, perindustrian, lembaga keuangan (perbankan dan non perbankan) dan BUMD;
  11. melaksanakan koordinasi dan kerjasama terhadap lembaga perekonomian dan unsur lainnya dalam mengatasi permasalahan ekonomi daerah;
  12. memfasilitasi dan meningkatkan kerjasama antara lembaga ekonomi dengan pemerintah daerah dalam rangka menumbuhkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat;
  13. melaksanakan monitoring dan pemantauan serta koordinasi dengan instansi teknis terkait distribusi dan pengelolaan raskin di Kabupaten Mimika;
  14. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis;
  15. melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha dan Kerjasama Ekonomi;
  16. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  17. membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

  1. Sub Bagian Pembangunan mempunyai tugas pokok mengumpulkan, mengolah, menyusun, menganalisis, pengendalian pelaksanaan pembangunan dan penyiapan data pembangunan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Pembangunan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Pembangunan;
  2. mengumpulkan bahan peraturan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan- bahan lainnya yang berhubungan dengan penyusunan program, pengendalian, dan pelaporan pembangunan sebagai pedoman dan landasan kerja;
  3. melaksanakan evaluasi dan monitoring pelaksanaan lomba-lomba dan atau kegiatan tematik Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika;
  4. mengumpulkan bahan hasil monitoring dan pengendalian pelaksanaan pembangunan yang dibiayai APBD Kabupaten, APBD Propinsi, APBN dan sumber lainnya yang sah;
  5. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/arahan baik secara lisan maupun tertulis;
  6. menyiapkan data, bahan dan/atau dokumen serta mengoordinasikan penyusunan kebijakan program, pengendalian, dan pelaporan pembangunan dan melakukan administrasi bantuan pembangunan daerah;
  7. melaksanakan pengkajian terhadap penyusunan program, pengendalian, dan pelaporan pembangunan pada perangkat daerah agar sesuai dengah rencana strategis perangkat daerah yang mengarah pada pencapaian visi dan misi pemerintah daerah;
  8. memberikan saran dan pertimbangan dalam pemecahan masalah pelaksanaan program pembangunan dari unit kerja lain yang dibiayai APBD Kabupaten, APBD Propinsi dan APBN serta bantuan pihak ketiga;
  9. menganalisis hasil program kerja dan membuat laporan hasil program kerja secara keseluruhan sebagai bahan pertanggungjawaban Bupati;
  10. menyiapkan bahan penyusunan RENSTRA dan LAKIP Bagian Administrasi Pembangunan, serta membuat laporan berkala (per-triwulan) pada Subbagian Evaluasi dan Pelaporan baik kegiatan selesai tahun tunggal maupun tahun jamak;
  11. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara  lisan maupun tertulis
  12. melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Pembangunan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya; dan
  14. membuat laporan pelaksanaan tugas
Struktur Organsisasi
Daftar Informasi Publik
No Nama Dokumen Kategori File Keterangan
Kegiatan Bagian Perekonomian