
Forum Smart City Nasional 2025 dihadiri Pj. Sekda Mimika
Diskominfo Mimika - Penjabat (Pj.) Sekda Mimika, Abraham Kateyau, menghadiri acara Smart City Business Matchmaking serta Forum Smart City Nasional 2025 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Digital, dengan mengusung tema “Inovasi Kota Cerdas: Mewujudkan Kedaulatan, Ketahanan, dan Keberlanjutan Indonesia Emas".
Berlangsung pada tanggal 26–27 Agustus 2025 di Hotel Tentrem Yogyakarta, diikuti oleh 251 kabupaten/kota se-Indonesia, dihadiri Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Organisasi Perangkat Daerah terkait dari seluruh Indonesia.
Dari Kabupaten Mimika hadir Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Miimika, Everth Lukas Hindom, Kepala Dinas Komunikasi dan Indormatika, Bernardina Yamangin, Kepala Dinas PUPR, Inosensius Yoga Pribadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Petrus Pali Amba, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Jacob Jantje Toisuta, Kepala Dinas Satpol PP, Ronny S. Maryen, Kepala Bappeda, Yohana Paliling, Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Santi Sondang, Kepala Bidang e-Government pada Dinas Kominfo, Robert Kambu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan pada Bappeda, Scienray Aris Morin, Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup, Algherto Asmuruf, Kasubag Program BPBD, Diana, Kasubid pada Bidang Infraswil Bappeda, Marthen, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi pada Diskominfo, Blasius Rahangiar, Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi, Marwah, Kepala Seksi Keamanan Informasi dan Telekomunikasi, Mirnawati Pabuang.
Kegiatan yang mencakup Smart City Business Matchmaking, Rapat Koordinasi Nasional Dinas Kominfo, Forum Smart City Nasional, serta Pameran Penyedia Teknologi, menghadirkan puluhan perusahaan teknologi terkemuka, di antaranya Google, Huawei, Fortinet, Autodesk, Epson, dan Moratelindo.
Di hari pertama, menyajikan beragam diskusi tematik yang dibagi dalam tiga kelas, yakni Sesi A, B, dan C.
Sesi A: Kedaulatan Digital dan Tata Kelola Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Pemerintahan Daerah, serta City Branding sebagai Strategi Diplomasi Kota dan Penguatan Citra Indonesia di Mata Dunia.
Sesi B: Kota sebagai Lokomotif Ekonomi Digital: Menumbuhkan Daya Saing Nasional dari Ekosistem Inovasi Lokal, dan Inovasi Hijau dan Ketahanan Iklim: Kontribusi Kota Cerdas untuk Masa Depan Ekologis Indonesia.
Sesi C: Mewujudkan Kehidupan Urban yang Aman, Nyaman, dan Berkelanjutan melalui Teknologi Inklusif.
Seluruh rangkaian kegiatan diadakan untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur kota dan provinsi cerdas yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.